PUISI Lucky Aditya Nugroho XII Bahasa Indonesia Indonesia Bukan soal ras, suku, ataupun agamanya Bukan tentang pribumi maupun kepribadian Indonesia itu persatuan Indonesia Bukan persoalan tentang reklamasi ataupun organisasi Bukan juga tentang intimidasi dan provokasi Indonesia itu demokrasi Indonesia Burung Garuda - Pancasila adalah Lambang dan Dasar negara Bhinneka Tunggal ika semboyannya, dan UUD'45 hukumnya Kita terlahir dengan suatu perbedaan Perbedaan yang saling melengkapi Bukan untuk membebani, ataupun Diskriminasi Kita terlahir di negara demokrasi Dimana rakyat harusnya berdaulat Bukan saling terjerat emosi, hingga Bergulat Kita adalah kesatuan Yang membuat sebuah perubahan Yang membawa kemajuan Untuk menggapai angan-angan Lucky Aditya Nugroho XII Bahasa | ||
Renungan "Aku cuma bisa sampe jam 4 aja ya soalnya travelku jam
5" Saya berusaha memahami bahwa Selama mereka tidak merepotkanmu, selama mereka masih
meluangkan waktu mengerjakan tugas kelompok diantara quality time bersama
keluarganya, selama mereka tidak lupa bahwa senin pagi harus kembali kuliah,
selama itu juga, kalian tak perlu risau. Cobalah untuk ada di posisi orang tuanya, "Bu, dedek kok belum pulang ya? Udah sebulan, ayah kangen
nih" Atau cobalah untuk ada di posisi adik kecilnya, "Kakak kok belum pulang ya? Biasanya kalo ada PR kayak gini
aku nanyanya sama kakak" Mungkin mereka bisa komunikasi melalui handphone, tapi jelas
rasanya akan berbeda dengan pertemuan secara langsung. Terkadang kita merasa mereka anak mama, anak manja dsb, tapi
pernahkah kalian tau betapa senangnya orang tua mereka melihat kedatangan
anaknya? Sebuah kisah datang dari sepupu saya, yang saat itu merantau
untuk melanjutkan pendidikan. Ia bercerita bahwa sejak beberapa bulan
sebelumnya, ibunya meminta untuk dia pulang, karena ayahnya sedang sakit.
Namun, sepupu saya berpikir bahwa ayahnya akan sembuh, selain itu ia
masih disibukkan dengan urusan pendidikannya hingga akhirnya ia menerima kabar
bahwa Tuhan telah memanggil ayahnya. Sungguh, penyesalan yang amat dalam ia
rasakan. Bahkan di detik detik terakhir ayahnya, ia tak sempat menemani. Lain cerita, guru saya mengatakan bahwa karena perpisahan kedua
orang tuanya membuat beliau harus menahan rindu untuk bertemu ayahnya selama 2
tahun. Setelah 2 tahun, beliau dan ayahnya bisa bertemu. Beliau berkata
bahwa ayahnya sangat senang dan berterimakasih padanya karena mau bertemu lagi
dengan ayahnya. Namun tak disangka kalau pertemuan itu menjadi pertemuan
terakhir dengan ayahnya, karena 2 minggu setelah pertemuan itu, ayah beliau
wafat. Begitulah, tak ada yang tahu Rencana-Nya dan sekarang saya
paham, bahwa pulang ke rumah adalah sebuah keistimewaan. Maka selagi bisa,
pulanglah. Jangan biarkan penyesalan- penyesalan selanjutnya datang. Saras Dwi Anugrah P.K.
Jurnalis MOST Lulus tahun 2015 | ||
Surat untuk Mama (Calvin Christian X - 8) Surat untuk Mama ini mendapatkan Juara III pelajar SMA se Surabaya. | ||
CARA BERHITUNG CEPAT
1. Perkalian 9, 99, atau 999 Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1. Jadi, 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81. Ayo coba contoh yang lebih sulit: 46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414. Satu contoh lagi: 68×9 = 680-68 = 612. Untuk perkalian 99, artinya kita mengalikan dengan 100-1. Jadi, 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554. Kalo udah gitu, kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1 38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962. Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut 2. Perkalian 11 Perkalian 11 artinya kita menjumlahkan sepasang angka, kecuali bagi angka yang ada di bagian ujung Lebih jelasnya gw jelasin di bawah ini : untuk perkalian 436 dengan 11 mulailah dari kanan ke kiri (selalu dari kanan ke kiri ya) Pertama tulis 6 lalu jumlahkan 6 dengan angka di sebelahnya yaitu 3 sehingga didapatkan angka 9 Tuliskan 9 disebelah kiri 6. Lalu jumlahkan 3 dengan 4 untuk mendapat angka 7. Tuliskan angka 7. Terakhir tuliskan angka yang paling kiri yaitu 4. Jadi, 436×11 = 4796. Ayo kita buat contoh yang lebih sulit: 3254×11. (3)(3+2)(2+5)(5+4)(4) = 35794. Ingat selalu mulai dari kanan ke kiri yak! Sekarang contoh yang lebih sulit lagi: 4657×11. (4)(4+6)(6+5)(5+7)(7). Mulai dari kanan tuliskan angka 7. Lalu 5+7=12. Tuliskan 2 dan simpan angka 1. 6+5 = 11, tambah 1 yang tadi kita simpan = 12. Sekali lagi tuliskan 2 dan simpan 1. 4+6 = 10, tambah 1 yang tadi kita simpan = 11. So, tuliskan 1 dan simpan 1. Terakhir angka paling kiri, 4, tambahkan dengan 1 yang tadi kita simpan. Jadilah, 4657×11 = 51227 . Hehehe, mantepkan? ini masih ga terlalu sulit...ayo jalan lagi 3. Perkalian 5, 25, or 125 Perkalian dengan 5 sama saja mengalikan dengan 10 lalu di bagi 2, CATATAN : Untuk perkalian dengan 10 cukup tambahkan 0 di dibagian belakang angka Contoh : 1000 x 5 = 5000 Lagi, 12×5 = (12×10)/2 = 120/2 = 60. Contoh yang lain: 64×5 = 640/2 = 320. Juga, 4286×5 = 42860/2 = 21430. Untuk perkalian 25, sama saja kita kalikan dengan 100 (tambahkan dua angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 4. CATATAN : Untuk pembagian dengan 4, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak dua kali 64×25 = 6400/4 = 3200/2 = 1600. 58×25 = 5800/4 = 2900/2 = 1450. Untuk perkalian 125, sama saja kita kalikan dengan 1000 (tambahkan tiga angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 8. CATATAN : Untuk pembagian dengan 8, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak tiga kali 32×125 = 32000/8 = 16000/4 = 8000/2 = 4000. 48×125 = 48000/8 = 24000/4 = 12000/2 = 6000. Mudah kan? hehehe melangkah lagi! 4. Mengalikan dua bilangan yang mempunyai selisih 2, 4, atau 6 Untuk perkalian seperti ini gw langsung kasi contoh ya Ambil contoh : 12×14. (14 - 12 = 2...jadi metode ini bisa dipakai) Pertama kita cari angka tengah antara 12 dan 14...So, 12 13 14 (artinya 13 adalah angka tengah), berikutnya kita tinggal membuat perkalian 13 x 13 lalu di kurangi 1... 12×14 = (13×13)-1 = 168. 16×18 = (17×17)-1 = 288. 99×101 = (100×100)-1 = 10000-1 = 9999 Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 4, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya...buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 4, Ok ini contohnya : 11×15 = (13×13)-4 = 169-4 = 165. 13×17 = (15×15)-4 = 225-4 = 221. Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 6, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya...buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 9, Ok ini contohnya : 12×18 = (15×15)-9 = 216. 17×23 = (20×20)-9 = 391. Hehehe...trik ini bisa di pakai bukan hanya untuk belasan tapi bisa sampai ribuan... Masih ada trik lagi....ntar gw sambung... Tengkyu all Naaah sudah makan...sudah kenyang...sekarang kita sambung lagi pelajaran kita....hehehehehe 5. Pemangkatan bilangan puluhan yang berakhiran 5 Untuk yang ini bener2 gampang kok.. Contoh kita mau ngitung berapakah 35 x 35 Kita tinggal mengalikan 3 x 4 = 12 (angka 4 di dapat dari 3 tambah 1) Kemudian 5 x 5 = 25 Jadi 35 x 35 = 1225 Mudahkan? Contoh lagi : 65 x 65 Kalikan 6 x 7 = 42 (angka 7 di dapat dari 6 tambah 1) Kemudian 5 x 5 = 25 Jadi 65 x 65 = 4225 Dari situ kita tahu bahwa pemangkatan bilangan puluhan berakhiran 5 pasti angka belakangnya 25 So 85 x 85 = 7225 (tahukan dari mana dapetinnya?) 6. Perkalian puluhan dimana digit pertama adalah sama dan jumlah digit kedua adalah 10 Contohnya kita ingin mengalikan 42 x 48... Disini terlihat bahwa digit pertama puluhan di atas adalah sama yaitu 4 sedangkan jumlah dari digit kedua adalah 2 + 8 = 10 Cara cepatnya sederhana saja : Kita kalikan 4 dengan 4+1 Jadi gini hasilnya 4 x (4+1) = 4 x 5 = 20 Tuliskan angka 20 Lanjut lagi kalikan 2 dengan 8 Jadi gini hasilnya 2 x 8 = 16 Tuliskan angka 16 Jadilah 42 x 48 = 2016 Gampang kan? contoh lagi 64 x 66 Kita buat 6 x (6+1) = 6 x 7 = 42 6 x 4 = 24 Hasilnya 64 x 66 = 4224 Masih bingung? Contoh lagi : 83 x 87 Rumusnya 8 x (8+1) = 8 x 9 = 72 3 x 7 = 21 Hasilnya 83 x 87 = 7221 Ok bro and sis? hehehehe ajarkan ini ke putra putri anda Nah untuk yang berikut ini agak sedikit rumit...tapi kalo disimak bisa kok bro 7. Pemangkatan Puluhan Ini perlu sedikit konsentrasi Ambil contoh kita ingin melakukan pemangkatan 58 alias 58 x 58 Langkah 1 : Kalikan 5 dengan 5, 5 x 5 = 25 Kalikan 8 dengan 8, 8 x 8 = 64 Tuliskan ke dua hasil tadi dan jadilah 2564 Langkah 2 : Kalikan 5 dengan 8 = 40 Gandakan hasil tersebut, 40 x 2 = 80 Tambahkan 1 angka 0, jadilah 800 Langkah 3 : Jumlahkan 2564 dengan 800, 2564 + 800 = 3364 Itulah hasilnya 58 x 58 = 3364 Hehehe....masih bingung? yuk contoh lagi yuk 32 x 32 Langkah 1 : 3 x 3 = 9 ----> tapi tuliskan 09 ya supaya 2 digit bisa tercipta 2 x 4 = 4 ----> tapi tuliskan 04 ya supaya 2 digit bisa tercipta Kedua hasil di tulis menjai 0904 Langkah 2 : 3 x 2 = 6 GANDAKAN 6 x 2 = 12 Tambahkan satu 0 dibelakangnya dan jadilah 120 Langkah 3 : 120 + 0904 ----> artinya 120 + 904 = 1024 Itulah hasilnya 32 x 32 = 1024 Mantep kan? Mau coba lagi? Boleh! 67 x 67 6 x 6 = 36 7 x 7 = 49 3649 6 x 7 x 2 = 84 tambah satu 0 jadi 840 3649 + 840 = 4489 Sehingga 67 x 67 = 4489 | ||
Fungsi Teknologi bagi Manusia Teknologi sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan, apalagi di masa Era Globalisasi seperti
sekarang ini ,karena Teknologi merupakan metode ilmiah untuk mencapai
tujuan praktis. Memasuki Era Industrial pencapaiannya sangat ditentukan
oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak
pertumbuhan melalui industri.
Pada saat ini penggunaan Teknologi bukan merupakan
hal yang tabu ,karena tidak dipungkiri lagi setiap orang sekarang
seringkali menggunakan Teknologi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan
menjadi lebih cepat dan efisien. Siapa yang tidak mengetahui Teknologi ?
, biasanya orang yang tidak mengerti tentang Teknologi sering dipanggil
“Gaptek” alias Gagap Teknologi. Di Era Globalisasi masih Gaptek ?
kebanyakan orang yang tidak mengenal teknologi terkadang suka minder ,
malu sendiri karena yang lain sudah mengenal teknologi tapi dia seorang
tidak mengenalnya, dan terkadang bisa menjadi sebuah ejekan dari
oranglain, apalagi di zaman sekarang orang kerja pun harus mengerti
Teknologi walaupun sedikit. Istilahnya apabila kita menguasai teknologi
bisa dibilang kita bisa menggenggam dunia.
Maka dari itu sekarang banyak sekali
sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi yang memprioritaskan Teknologi.
Seperti di sekolah-sekolah dasar sekarang siswa kelas 1 pun sudah diajak
berinteraksi dengan Teknologi tidak usah jauh-jauh seperti menggunakan
komputer misalnya, dulu jangankan kelas 1 SD mungkin baru mengenal
Teknologi komputer sekitar kelas 6 SD atau ketika SMP , lain lagi jika
memang dirumahnya disediakan fasilitas yang memadai dan orangtuanya up
to date dengan gadget. Bahkan sekarang ini banyak sekolah- sekolah dan
Perguruan Tinggi yang berlomba-lomba untuk menjadi juara dalam bidang
Teknologi. Baik dulu dan sekarang Teknologi terus berkembang menjadi
lebih canggih ,efisien ,dan praktis. Seringkali yang lebih baru adalah
yang lebih bagus, yang lebih canggih, yang paling keren , tetapi baik
yang lama maupun yang baru masing-masing mempunyai kekurangan dan
kelebihannya sendiri. Dan Teknologi yang baru diciptakan sudah pasti
ingin menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari model sebelumnya.
Teknologi juga dapat membawa dampak positif dan negatif, dampak
negatifnya seringkali banyak orang yang menguasai Teknologi
menyalahgunakan kemampuannya tersebut ,tapi ada juga dampak positif
seperti mempermudah pekerjaaan, mendapatkan informasi ,pertukaran data
,dsb.
Kesimpulan :
Teknologi selalu kita gunakan dalam
kehidupan sehari-hari ,karena teknologi sudah dianggap sebagai alat
mempermudah membantu setiap pekerjaan menjadi lebih efisien. Tapi ada
baiknya Teknologi yang telah kita kuasai tidak digunakan dengan hal-hal
yang negatif.
|